Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal

Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal

Keputihan adalah hal lumrah yang dialami wanita. Namun, ada keputihan yang tidak normal yang harus diwaspadai. Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal harus Anda ketahui seperti apa cirinya. Untuk itu, Kami akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis keputihan tidak normal. Seperti apa saja jenis-jenis keputihan yang tidak normal itu? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal

Pertama, keputihan berwarna coklat

Keputihan jenis ini umumnya terjadi karena infeksi dan disebabkan tidak teraturnya siklus haid. Hal ini patut diwaspadai, karena bisa mengacu pada gejala kanker serviks.

Apa bila keputihan diiringi dengan rasa sakit pada tulang panggul serta terasa nyeri saat buang air kecil dan juga mengalami pendarahan padahal Anda tidak sedang menstruasi, Anda bisa saja terindikasi gonore. Hal ini juga berlaku setelah Anda mengalami keputihan sehabis berhubungan seks. Periksakan diri Anda ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat mengingat penyakit ini sangat berbahaya.

Kedua, keputihan berwarna kuning, hijau serta berbuih

Untuk jenis keputihan ini umumnya disebabkan oleh trikomoniasis, merupakan penyakit seksual menular yang disebabkan oleh parasit. Keputihan ini akan berlendir banyak, disertai rasa perih saat buang air kecil dan bau amis. Tidak hanya itu, penyakit ini juga memiliki gejala vagina bengkak dan gatal-gatal di areal vagina. Untuk mengobati infeksi ini, dokter umumnya memberikan antibiotik. (Baca Juga : CARA MENGATASI KEPUTIHAN AGAR TIDAK BAU)

Ketiga, keputihan yang disertai luka di kemaluan

Bila mengalami jenis keputihan ini, kemungkinan besar memiliki penyakit herpes genital yang berupa munculnya luka lepuhan mirip sariawan di area vagina dan terasa sakit. Herpes bisa disebabkan oleh virus. Untuk itu, cara mengatasi keputihan jenis ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi tablet antivirus.

Keempat, keputihan berwarna cair disertai gatal

Bila Anda memiliki keputihan berwarna seperti susu disertai gatal-gatal namun tidak berbau, kemungkinan Anda terinfeksi jamur. Gejala lain yang menyertai yaitu gatal-gatal dan rasa perih di areal vagina. Wanita yang mengalami gejala ini biasanya juga mengalami rasa sakit saat berhubungan intim. Akan tetapi, penyakit ini tidak akan menular melalui seks. Cara mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur cukup beli obat anti jamur yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Kelima, keputihan berwarna putih keabu-abuan disertai amis

Perlu kita ketahui, vagina juga memiliki bakteri baik yang berfungsi menjaga keseimbangan ph alami vagina. Apa bila keputihan ini dibiarkan begitu saja, vagina bisa mengalami infeksi vaginosis bakteri. Seseorang yang mengalami ketidakseimbangan bakteri ini akan mengeluarkan lendir putih atau abu-abu namun tidak terasa gatal di area vagina. Penyakit ini tidak menular melalui hubungan seksual. Cara mengatasinya bisa menggunakan antibiotik.

Itulah Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal yang harus Anda ketahui. Dan jika Anda mengalami salah satu diantaranya, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter dan memastikan apa penyebabnya serta segera melakukan tindakan yang tepat, karena keputihan juga bisa menjadi tanda awal kanker serviks. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati dengan keputihan yang tidak normal. (Baca Juga : CARA MENGHILANGKAN KEPUTIHAN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adakah Makanan Yang Bisa Mencegah Keputihan Pada Wanita?